kumpulan cerpen

Agustus 8, 2008

Presiden Buatan Kauzein

Filed under: presiden buatan kauzein — dikipedia @ 10:12 am

PRESIDEN buatan KAUZEIN

*.*Dhenia’s shortStory*.*

Hari ini tidak seperti hari-hari di masa lalu.Hari ini sangat jauh berubah. Seorang ibu rumah tangga baru saja pulang dari pasar dengan wajah lesu. Hari ini ibu itu berbelanja bahan makanan seadanya untuk keluarganya di rumah. Dulu dengan uang 10.000wein* (wein* mata uang Negara Kauzein) ibu itu dapat membeli daging sapi,sayur mayur,tahu-tempe,dan segelas minuman jeruk segar. Tetapi Kauzein telah beubah. Sekarang 10.000wein hanya cukup untuk tahu-tempe saja. Itu pun dengan jumlah yang sedikit.

Kauzein adalah negara entah berantah dengan kekacauan luar biasa. Harga bahan pokok sangat tinggi, begitu pula dengan harga bahan bakar,hanya orang-orang kaya saja yang mampu membeli bahan bakar dan memakai kendaraan.Kekacauan dimana-mana,korupsi merajalela,ekonomi sangat lemah,embargo di berbagai sektor dan rakyatnya sudah tidak percaya lagi dengan kata-kata “Keadilan”. Sungguh ironis sekali. Apa yang menjadi penyebab semua kekacauan ini? Masyarakat Kauzein percaya akar dari semua masalah ini adalah buruknya seorang Presiden dalam menangani pemerintahan. Rakyatnya selalu salah dalam memilih Presiden. Selama ini Presiden dianggap kurang bekapasitas dan hanya diberi waktu 2 tahun saja untuk memerintah sebelum didemo oleh rakyat dan diturunkan dengan paksa, baik itu melalui kudeta atau demo besar-besaran. Selama ini Presiden yang terpilih berasal dari kalangan militer, Politisi korupsi, dan anak dari orang besar di masa lalu. Oleh karena itu rakyat menganggap Presiden selama ini tidak nyambung dengan kondisi negara Kauzein.

40 tahun yang lalu,Sebuah ide revolusioner muncul, atau dengan kata lain sebuah ide yang aneh. Kauzein butuh seorang pemimpin yang menguasai keahlian yang lengkap untuk menjadi seorang Presiden.Oleh karena itu rakyat Kauzein sepakat untuk membuat seorang Presiden.Rakyat Kauzein percaya bila hal ini dilakukan maka akan muncul sosok Presiden yang mumpuni dan dipercaya dapat memperbaiki keadaan Kauzein dan membuat semuanya menjadi lebih baik. Perjanjian yang ditandatangani oleh anggota dewan,menteri-menteri, perwakilan rakyat dan Presiden pada saat itu pun dibuat. Isinya adalah “Pada saat Presiden buatan Kauzein ini telah cukup umur dan telah menguasai keahlian-keahlian yang cukup untuk memimpin, Maka seluruh rakyat Kauzein sepakat untuk mengangkat orang tersebut menjadi Presiden Kauzein.” Maka proyek itu pun dilakukan. Presiden buatan maksudnya adalah mendidik seorang anak Kauzein dari sejak bayi. Dimulai dari pemilihan kedua orang tuanya yang memiliki kepintaran diatas rata-rata. Lalu sang Ibu diberi asupan gizi yang baik agar bayinya nanti menjadi bayi yang sehat. Bayi itu pun lahir, bayi itu pun diberi ASI pertama oleh sang Ibu. Kehidupan untuk menjadi seorang Presiden pun dimulai. Dia dibesarkan dari keluarga ternama dan kaya. Pendidikan yang dijalaninya pun luar biasa. Pria ini didik untuk menguasai ilmu politik, keagamaan, manajemen, ekonomi, hukum, Pemrintahan, kepemimpinan, pangan, dll. Pria ini pun di biasakan untuk hidup dikalangan orang-orang elit pemerintahan. Pria ini pun dituntut untuk melihat kebobrokan Pemerintahan Kauzein dan melihat penderitaan rakyatnya.

Besok pria ini genap berumur 40 tahun dan besok pria ini akan menjadi Presiden. Rakyat Kauzein sudah tidak sabar untuk melihat Presiden buatan ini untuk segera menjabat sebagai Presiden. Hari Esok pun tiba,dan pria ini sangat tegang karena akan memikul beban berat untuk menjadi seorang Presiden.

Pria itu pun telah menjadi Presiden sekarang, Kauzein bersorak gembira dan semua harapan bertumpu padanya. Benar saja, setelah 1 tahun masa jabatannya,keadaan mulai menjadi lebih baik. Ekonomi membaik,korupsi berkurang,dan rakyatnya mulai berkembang. Rakyat sekarang benar-benar mengidolakannya,kepopulerannya luar biasa.Melebihi ketenaran penyanyi dangdut sexi yang selama ini sangat di elukan oleh rakyat Kauzein. Tetapi rakyat Kauzein tidak menyadari apa yang dirasakan oleh sang Presiden saat ini dan apa yang akan terjadi selanjutnya. Sang Presiden mengalami stress berat karena telah bekerja keras dan tidak mendapat isirahat yang cukup selama 1 tahun ini. 2-4 tahun keadaan berubah drastis, Kauzein malah bertambah kacau dari sebelumnya dan sudah tidak dapat dikendalikan lagi. Akhirnya Presiden buatan itu turun juga.

Rakyat Kauzein berpikir apa yang salah?padahal Presiden ini sudah dibekali ilmu yang cukup. Mereka pun menyadari kesalahan yang sangat fatal. Sang Presiden tidak diajarkan untuk bekerja keras dan menahan tekanan yang luar biasa. Sang Presiden buatan selama ini menadapatkan semuanya dengan mudah dan tanpa harus bersusah payah dalam mendapatkan semua keinginannya. Sang Presiden hidup dalam kalangan elit pemerintahan. Kehidupan istimewa ini menjadikan sang Presiden memiliki kepercayaan diri tinggi dan yakin dapat mengubah negara ini menjadi lebih baik dengan ilmu-ilmu yang telah dia kuasai. Itulah yang menjadi penyebab utama kegagalan Presiden buatan. Percuma saja memiliki ilmu tinggi tetapi didapat bukan karena hasil keringat sendiri. Rakyat Kauzein pun mengerti bahwa manusia hanyalah manusia,tidak ada satupun manusia yang sempurna. Ciptaan manusia pasti memiliki kelamahan. Hanya Tuhanlah yang memiliki kesempurnaan sejati. Negara itupun sekarang benar-benar hancur. Rakyatnya sengsara. Apakah Indonesia akan menjadi seperti itu?kita harap tidak,marilah kita bangkit dari kesalahan selama ini.

_ fin _

6 Komentar »

  1. seorang pemimpin tidak di buat bung!
    tapi di lahirkan…
    presiden buatan hanyalah sebuah robot genetika yang nantinya akan hancur oleh tekanan emosinya sendiri…

    btw cerpenmu memiliki alur yang cukup orisinal!
    mari berkaya

    Komentar oleh dikipedia — Agustus 8, 2008 @ 11:42 am

  2. nice!!X-lent..

    perkembangangan yg cepat!!

    terus berkarya! bikin sebuah perubahan.

    tutur kata yg baik,dengan istilah yg tepat.
    cerpen sospol y!!
    secara keseluruhan bagus.!!

    “Percuma saja memiliki ilmu tinggi tetapi didapat bukan karena hasil keringat sendiri”..
    wa kurang mengerti dengan kalimat ini…

    Komentar oleh cuomo — Agustus 12, 2008 @ 2:50 am

  3. c ade koplok!
    hahahahahahahaha

    Komentar oleh dikipedia — Agustus 13, 2008 @ 8:04 am

  4. hohoho…thx2 tman,,
    kritik dan saran anda sangat berguna utk saia..hoho

    hmm…menanggapi komen cuomo,“Percuma saja memiliki ilmu tinggi tetapi didapat bukan karena hasil keringat sendiri”..
    jd dalam cerpen ini sang presiden mendapat pendidikan yg tinggi bukan krn hasil kerja keras sendiri,dalam hal ini dalam mendapat kan uang..,kita tau kahn banyak mahasiswa yg susah payah mencari uang untuk sekolah..
    nah,,dy mh tidak merasakan rasanya bekerja keras mendapat kan uang..

    gtulah kira2..hoho

    Komentar oleh dhenia — Agustus 15, 2008 @ 8:59 am

  5. ohhh….

    dr segi mendapat kan uang toh,
    kirain dr segi mendapatkan ilmu.

    klo dr segi mndapatkan ilmu, kita juga kan masih di suapi am dosen.hehehe

    sip.

    aink hayang liat karya nya c eka!

    Komentar oleh cuomo — Agustus 20, 2008 @ 1:09 pm

  6. mana karya nu laina,
    naha brhenti nulis..heuheu

    Komentar oleh cuomo — Oktober 8, 2008 @ 6:14 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: